Poin-Poin Ms.Excel Untuk Mengatur Tampilan Dan Default Lembar Kerja
*) Memulai Dengan Ms.Excel
Microsoft Excel
atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur
kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program
komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.
Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak
digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun
platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun
1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi
terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam
paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft Excel
merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan
dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.
Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha
sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut
misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang
dan perkiraan harga barang.
*) Jendela Aplikasi Ms.Excel Dan Fungsi-Fungsinya
Pada tampilan program excel ada
beberapa area yang harus dipahami, agar mengetahui fungsi dan kegunaannya.
elemen-elemen dasar pada micrososft excel adalah sebagai berikut:
1. Quick Acces Toolbar, toolbar yang memuat beberapa tombol
pintas yang bukan bagian dari ribbon.
2. Nama Buku Kerja atau File Excel, adalah nama dari sebuah workbook yang sedang kita kerjakan.
3. Title bar, adalah nama dari program aplikasi yang sedang kita
buka.
4. Sign In, digunakan untuk masuk kedalam akun agar dapat
terhubung dengan layanan online.
5. Sizing Botton, yang berisi tombol minimize, maximize/restore, dan close yang berfungsi untuk mengatur ukuran jendela
atau mengakhiri penggunaan program aplikasi.
6. Ribbon Tabs, merupakan kumpulan tab-tab untuk mengakses
perintah-perintah pada ribbon.
7. Tell me, digunakan untuk mencari fitur-fitur didalam excel.
8. Share, digunakan untuk membagikan workbook.
9. Ribbon, area yang memuat tombol-tombol perintah dan
fitur-fitur yang berisi tombol atau ikon untuk mengelolah data.
10. Formula bar atau baris rumus/formula, berisi informasi sel
yang sedang aktif, dengan kata lain apa yang ada pada sel dapat dilihat
di formula bar.
11. Nama kolom.
12. Cell Pointer atau penunjuk sel, merupakan penunjuk sel
yang sedang aktif.
13. Nama baris.
14. Vertical Scroll Bar, digunakan untuk menggeser posisi data pada
layar ke atas atau ke bawah.
15. Tombol Navigasi, berfungsi untuk berpindah
antar sheet.
16. Tab Lembar Kerja, berisi nama lembar kerja
dalam suatu buku kerja.
17. New Sheet, berfungsi untuk menambah lembar kerja baru.
18. Horizontal Scroll Bar, berfungsi untuk menggeser posisi data pada
layar ke kanan atau ke kiri.
19. View Mode, digunakan untuk mengatur mode tampilan lembar kerja.
20. Zoom Slider, digunakan untuk memperbesar atau
memperkecil tampilan lembar kerja.
*) Pengenalan Ms.Excel
Lembar kerja Ms.Excel
disebut juga Worksheet terdiri dari banyak sheet:
· CELL adalah gabungan dari kolom dan baris. contohnya sel A1
berarti sel tersebut terletak di kolom A baris 1
·
RANGE adalah gabungan dari beberapa CELL
·
COLUMN adalah sel berurutan ke bawah.
·
ROW adalah sel berurutan ke samping
*) Perintah Dasar Pada Lembar Kerja Ms.Excel
- Memasukan Data Pada Lembar Kerja
Cara memasukkan data pada
program excel dapat dilakukan dengan cara berikut :
1.
Pilih tab insert
2.
Di toolbar insert kita dapat memasukan
gambar, shape, chart sampai simbol – simbol dan hyperlink
- Mengedit Data Lembar Kerja Pada Ms.Excel
Cara mengedit data pada
program excel dapat dilakukan dengan cara berikut :
1.
Pilih tab Page layout
2.
Di toolbar Page layout, banyak sekali
menu pilihan untuk mengedit, mulai dari mengatur tema, warna,
margin, orientasi, background dan masih banyak lagi.
- Menyimpan Data Di Ms.Excel
Setelah anda
selesai bekerja menggunakan excel anda dapat menyimpan file excel di dalam
folder computer dengan 2 cara. tempat penyimpanan file excel pada versi 2013
ada 2 yaitu dapat dimpan di Cloud microsoft yaitu Onedrive atau di local
hardisk.
1.
Menggunakan
tombol Save pada Quick access toolbar
2.
Menggunakan
shortcut keybord CTRL+S
3.
Melalui tab file
Anda
dapat tentukan tempat penyimpanan folder sesuai dengan keinginan anda, sebagai
contoh saya simpan file workbook excel pada Document
Apa
bedanya Save dengan Save As?
Save
digunakan untuk menyimpan perubahan yang terjadi dalam file, Save As digunakan
ketika kita akan menyimpan file dengan nama yang berbeda.
- Menutup Lembar Kerja Pada Ms.Excel
Cara menutup
program excel setelah kita selesai bekerja dengan excel dapat dilakukan dengan
cara berikut :
1.
Menggunakan tombol
Close
2.
Menggunakan
menu File (bakstage) kemudian pilih Close.
3.
Menggunakan
shortcut
Shortut untuk menutup program excel menggunakan ALT+F4
*) Mengatur Tampilan Dan Default Lembar Kerja
- Tampilan Lembar Kerja Pada Ms.Excel
·
Tampilan normal adalah tampilan default untuk semua lembar
kerja di Excel.
·
Tampilan Page Layout menampilkan bagaimana lembar kerja Anda
akan muncul saat dicetak. Anda juga dapat menambahkan header dan footer dalam
tampilan ini.
·
Tampilan Page Break memungkinkan Anda untuk mengubah lokasi
halaman yang terpisah, yang sangat membantu ketika mencetak banyak data dari
Excel.
- Cara Mengatur Tampilan Lembar Kerja
Untuk mengatur tampilan dapat menggunakan Zoom Control, Zoom Control digunakan untuk
mengatur seberapa besar tampilan lembar kerja yang Anda Inginkan dalam bekerja
dan mengolah data sehingga dapat bekerja dengan maksimal. Anda
dapat mengolah tampilan lembar kerja dengan berbagai cara yaitu:
1. Anda dapat menggeser Zoom
Control ke arah kiri untuk memperkecil tampilan lembar kerja atau arah kanan
untuk memperbesar tampilan yang terletak dipojok kanan bawah dari lembar kerja
2. Anda dapat mengklik persentasi
dari nilai yang ditampilkan, sehingga Anda tampilan akan tampil zoom control,
dan Anda dapat memilihnya.
3. Dengan cara ini Anda dapat
memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja dengan praktis yaitu, dengan
menekan tombol Ctrl dan menggerakkan scroler pada mouse,
sehingga Anda dengan bebas dapat memperkecil dan memperbesar tampilan lembar
kerja.
*) Mengatur Format Tampilan, Angka, Waktu Dan Huruf
- Mengatur Format Tampilan Pada Ms.Excel
Untuk
Mengatur Format Tampilan pada Microsoft Excel kita menggunakan Format Cell.
Berikut ini adalah cara Untuk membuka jendela Format Cell, caranya yaitu :
1.
Klik kanan pada area
kerja lalu pilih format cell bisa juga dengan atau dapat menggunakan keyboard CTRL+1, Atau bisa juga dilakukan dengan cara Klik ribbon Home Pada grup Number klik tombol Number
Format.
Tab
pertama adalah Format Cell Number, merupakan format cell yang digunakan
untuk menseting format angka, baik untuk penomoran, nominal mata uang, tanggal,
dan lainnya. Mari kita bahas satu persatu Category dari format cell Number ini:
·
General : Pengaturan Awal.
·
Number : Pengaturan nomor, dengan disertai penempatan koma/titik pada bilangan decimal.
·
Currency : Pengaturan mata uang dari
Negara yang dipilih, terdapat pilihan symbol mata uang tiap-tiap negara.
·
Accounting : Pengaturan untuk sistem
akuntansi.
·
Date
: Pengaturan format tanggal
yang akan ditampilkan dalam cell.
·
Time :
Pengaturan format waktu.
·
Percentage : Pengaturan persen pada
bilangan decimal.
·
Fraction : Pengaturan nilai pecahan.
·
Scientific :
Penggunaan nilai Nol dibelakan koma ( , ) contohnya: angka 1.000 akan menjadi
1.00E+03.
·
Text :
Pengaturan teks.
·
Special :
Merupakan kategori khusus, biasanya digunakan untuk format penulisan kode pos
atau telepon untuk tiap cell.
·
Custom :
Untuk mengkustom/membuat pengaturan
format sendiri.
- Mengatur Format Angka Pada Ms.Excel
1. Sama seperti sebelumnya kita
klik kanan pada pada area kerja lalu pilih format cell.
Kemudian Pilih Number.
2. Bagian Desimal
places(digunakan untuk menambah angka decimal) lalu jika kita ingin data angka memiliki titik pemisah
ribuan ceklis Use 1000 Separator.
3. Lalu jika sudah klik OK.
- Mengatur Format Huruf Pada Ms.Excel
Sama seperti
sebelumnya tetapi disini kita menggunakan Tab Kedua di Format Cell yaitu Alignment Untuk Mengatur Format Huruf.
Meliputi Text
Alignment, Orientation, dan Text Control.
Text
Alignment : Pengaturan teks vertical atau horizontal,
mau diletakkan disebelah mana teks yang dimaksud dengan memilih Left, Center,
Right dll
Orientation : Pengaturan posisi teks dengan kemiringan
berapa derajat
Text Control : Pengaturan teks panjang apakah akan
menggunakan satu cell dengan atau teks memanjang dengan bagian belakang kalimat
tertutup
Komentar
Posting Komentar